Segera Terbit Jurnal “ADABIA”

Sebagai sebuah asosiasi profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam (ADPISI), bertekad untuk melakukan langkah strategis dengan ikut terlibat memberikan kontribusi nyata, untuk konteks ini, dalam bidang Pemikiran Pendidikan Agama Islam. Untuk itu, ADPISI akan segera menerbitkan secara berkala Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, Dengan Nama “ADABIA”, Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam.

Dengan penerbitan Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam ADABIA ini diharapkan dapat:

  1. Menjadi media pemikiran bagi para pemikir, ulama, cendekiawan, dan dosen Pendidikan Agama Islam serta siapa saja yang prihatin (concerned), peduli (careful) dan memiliki komitmen (committeed) pada kemajuan, pengembangan dan pembangunan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Tujuannya,  agar dosen dan guru Pendidikan Agama Islam, khususnya, memperoleh pencerahan, dapat meningkatkan pemahaman, dan memiliki rujukan kademik dan pemikiran Islam mengenai Pendidikan Agama Islam dan berbagai derivatnya.
  2. Menjadi salah satu rujukan materi Pendidikan Agama Islam. Tujuannya, untuk membantu para dosen Pendidikan  Agama Islam di PTU dalam memperoleh ilmu-pengetahuan dan informasi terkait dengan berbagai Pemikiran Pendidikan Agama Islam.
  3. Menjadi media sosialisasi kebijakan dan informasi strategis terkait dengan Pendidikan Agama Islam.
  4. Menjadi Jurnal Pemikiran Agama Islam yang terakreditasi secara nasional dan khususnya oleh para dosen dapat dijadikan wahana pemerolehan credit point yang diperlukan misalnya untuk sertifikasi dan sebagainya.
  5. Menjadi wahana pertimbangan pemerintah dan para pemegang kebijakan sejauh menyangkut Pendidikan Agama Islam dan derivat-derivatnya.
  6. Menjadi salah satu rujukan bagi produktivitas akdemik para mahasiswa khususnya mahasiswa Perguruan Tinggi Umum.
  7. Menjadi salah satu sumber informasi pemikiran Pendidikan Agama Islam yang referensial bagi para dosen PAI, para pembinaa keagamaan di PTU di seluruh Indonesia.
  8. Menjadi salah satu sumber informasi keislaman yang kredibel, khususnya menyangkut Pemikiran Pendidikan Agama Islam, bagi masyarakat umum.
  9. Menjadi media konfirmasi dan sosialisasi ilmiah dan akademik mengenai corak pemikiran Pendidikan Agama Islam Indonesia bagi pemerintahan negara lain dan masyarakat internasional.

Bagi yang akan berpartisipasi kami tunggu Naskah karya Ilmiah-nya paling lambat tanggal 20 Oktober 2010. ketentuan penulisan naskah ADABIA adalah sebagai berikut:

  1. Naskah diketik di komputer dengan ukuran jarak baris 2 spasi, jumlah halaman 15-20 halaman ukuran A4 (termasuk gambar, tabel, ilustrasi dan daftar pustaka). Margin kiri dan margin bawah 4 cm, margin kanan dan atas 3 cm.
  2. Naskah yang diprioritaskan adalah naskah berupa hasil penelitian
  3. Asli, belum pernah dipublikasikan melalui media lainnya.
    Dapat berupa hasil penelitian studi kasus dan studi kepustakaan yang bersifat obyektif, sistematis analitis dan  deskriptif.
  4. Hendaklah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baku, sederhana, lugas, dan komunikatif (mudah dimengerti). Kalimatnya singkat, jelas, tegas, hemat kata dan tidak mendua.
  5. Hindari pemakaian bahasa campuran (kecuali bila sangat diperlukan), penulisannya menggunakan kurung setelah diterjemahkan, boleh juga menggunakan serapan.
  6. Judul tulisan singkat dengan kata-kata atau frasa kunci yang mencerminkan isi tulisan.
  7. Sistematika penulisan secara garis besar meliputi:
    Abstrak (jika Makalah ditulis dalam bahasa Indonesia, maka  abstrak dalam bahasa Inggris dan demikian sebaliknya),
    Pendahuluan (latar belakang, permasalahan, tujuan, ruang lingkup dan metodologi),
    Isi (tinjauan pustaka, data dan pembahasan),
    Penutup (kesimpulan dan saran)
    Daftar pustaka.
  8. Daftar pustaka tanpa nomor dan berdasarkan abjad; nama pengarang, judul penerbit, kota, dan tahun penerbitan. Nama pengarang Indonesia ditulis sesuai dengan urutan namanya, tanpa gelar. Kutipan disebutkan sumber (nama dan tahun).
  9. Isi tulisan bukan tanggung jawab redaksi. Redaksi berhak mengedit redaksionalnya, tanpa mengubah esensi.
  10. Tidak diadakan surat menyurat kecuali tulisan yang disertai perangko akan dikembalikan pada penulis karena tidak memenuhi persyaratan, atau perlu diperbaiki.
  11. Keterangan lengkap dapat menghubungi redaksi, Kontak person: Mustofa Kamal 087884321669

File ketentuan penulisan naskah untuk Jurnal ADABIA ini bisa juga di download di Menu/halaman Download.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: